Universitas Gunadarma - Sistem Informasi

Wednesday, March 30, 2011

PROGRAM MENU PADA TURBO PASCAL

Untuk Program yang lebih populer klik ini

INPUT

USES CRT;
VAR
PANJANG :INTEGER;
LEBAR :INTEGER;
SISI :INTEGER;
JARI_JARI :INTEGER;
X :INTEGER;
LEBEL 10,20,30,40,50;
BEGIN
50:
CLRSCR;
GOTOXY(30,2);
WRITELN('----------------------');
GOTOXY(40,4);
WRITELN('MENU');
GOTOXY(30,5);
WRITELN('----------------------');
GOTOXY(33,7);
WRITELN('1. PERSEGI PANJANG');
GOTOXY(33,9);
WRITELN ('2. BUJUR SANGKAR');
GOTOXY(33,11);
WRITELN('3. LINGKARAN');
GOTOXY(33,13);
WRITELN('4. KELUAR');
GOTOXY(30,15);
WRITELN('=======================');
GOTOXY(23,19);
WRITE('MASUKAN NOMOR YANG ANDA INGINKAN : '); READLN (X);
IF X = 1 THEN
GOTO 10;
IF X =2 THEN
GOTO20;
IF X = 3 THEN
GOTO 30;
IF X = 4 THEN
GOTO 40;
IF X > 4 THEN
WRITELN ('ANDA SALAH MEMILIH NIMOR');
WRITELN('TEKAN ENTER');
READLN;
GOTO 50;
10:
WRITE ('MASUKAN PANJANG : '); READLN (PAMJAMG);
WRITE ('MASUKAN LEBAR : '); READLN (LEBAR);
WRITELN;
WRITELN ('LUAS PERSEGI PANJANG ADLAH : ', PANJANG * LEBAR);
WRITELN ('TEKAN ENTER');
GOTO 50;
20:
WRITE ('MASUKAN SISI : '); READLN(SISI);
WRITELN;
WRITELN('LUAS PERSEGI ADLAH : ', SISI * SISI);
WRITELN('TEKAN ENTER');
GOTO 50;
30:
WRITE ('MASUKAN JARI-JARI;); READLN (JARI_JARI);
WRITELN;
WRITELN ('LUAS LINGKARAN ADALAH : ', 3.14 * JARI_JARI * JARI_JARI);
READLN;
GOTO 50;
40:
WRITELN ('TEKAN ENTER');
WRITELN (THANK YOU');
READLN;
END.

OUTPUT

===================
MENU
===================
1. PERSEGI PANJANG
2. PERSEGI
3. LONGKARAN
4. KELUAR

JIKA ANDA MEMILIH 1
MASUKAN PANJANG :
MASUKAN LEBAR :
LUAS PERSEGI PANJANG ADALAH :

KEMBALI KE MENU

JIKA ANDA MEMILIH 2
MASUKAN SISI :
LUAS PERSEGI ADALAH :

KEMBALI KE MENU

JIKA ANDA MEMILIH 3
MASUKAN JARI-JARI :
LUAS LINGKARAN ADLAH :

KEMBALI KE MENU

JIKA ANDA TIDAK MEMILIH 1 - 4
ANDA SALAH MEMASUKAN NOMOR
TEKAN ENTER

KEMBALI KE MENU

JIKA ANDA MEMILIH 4
AKAN KELUAR DENGAN STATEMENT

THANK YOU
TEKAN ENTER




FUNGSI DARI STATEMENT – STATEMENT

1. Uses crt
• Digunakan agar perintah clrscr dapat dikerjakan.
2. Variabel
• Digunakan untuk mengelompokan variable yang akan digunakan yang biasanya berisikan data integer, real,character, string.
1. Real, digunakan untuk angka 1,2,3,4…
2. Charcter, dapat digunakan untuk angka dan huruf.
3. Integer, digunakan untuk bilangan baik itu pecahan maupun bulat.
4. string, digunakan untuk menyimpan data berbentuk huruf.
3. String
• Digunakan untuk menyimpan suatu data berbentuk text. Yang bisa dikombinasikan dengan readln.
4. Begin
• Langkah untuk memulai suatu program yang keberadaannya mutlak.
5. CLRSCR
• Digunakan untuk membersihkan layar output. Statement ini boleh digunakan ataupun tidak. Hanya saja jika anda ingin membersihkan layar output anda, agar tidak bertumpukan dengan program anda yang lainya.
6. Write
• Digunakan untuk mencetak langsung pada output dan didampingi oleh readln. Agar program dapat dieksekusi.
7. Writeln
• Digunakan untuk langsung mencetak pada output tanpa didampingi oleh readln. Yang mana apabila tidak didampingi oleh readln program tersebut tetap dapat dieksekusi.
8. Readln
• Untuk membaca variable yang telah dituliskan. Dengan statement ini write dapat dieksekusi.
9. IF
• Merupakan suatu kondiai. Yang bila terpenuhi ia masih tetap akan terus memproses
10. CASE OF
• Merupakan suatu kondisi. Yang bila sudah menemui syarat atau syaratnya telah dipenuhi dia akan berhenti menu ke END. Artinya perintah tersebut hanya dapat memenuhi satu syarat
11. END;
• Digunakan untuk penutup dari CASE. Berfungsi seperti end bagi begin.
12. FOR TO DO
• Digunakan untuk menghasilkan deret. Dalam FOR TO DO ia akan terus memproses sampai akhit\rnya batas ketentuan yang diberikan atau syaratnya terpenuhi.





UNIVERSITAS GUNADARMA
ILMU BUDAYA DASAR
SISTEM INFORMASI



2010-2011

No comments:

Post a Comment